June 23, 2012

6 Alternatif Mengobati Sariawan


Sariawan atau yang disebut juga dengan stomatitis merupakan radang yang menyerang bagian mulut, seperti di rongga mulut, bibir, lidah, gusi, atau bahkan di langit-langit mulut. Meski bukan jenis penyakit yang berbahya, namun keberadaannya sering mengganggu kenyamanan saat makan. Nah, informasi berikut adalah sederet pengobatan alternatif untuk menyingkirkan sariawan
:

1. Kandungan vitamin C pada daun saga terbukti efektif menyembuhkan sariawan yang membandel. Buatlah air rebusan daun saga, kemudian minum air rebusan tersebut setelah dingin. Jika Anda tidak menyukai rasa khas dari daun saga, menambahkan madu murni juga bisa menjadi pilihan.

2. Anda bisa berkumur dengan dua ruas parutan kunyit yang sebelumnya telah ditambahkan segelas air.

3. Resep lainnya, Anda dapat mencoba meminum atau berkumur dengan air rebusan beberapa lembar daun jambu biji.

4. Air kelapa hijau juga bisa menjadi obat sariawan yang ampuh. Anda cukup menikmati kesegaran air kelapa hijau dengan meminumnya tanpa campuran apapun.

5. Mengoleskan madu asli bisa menjadi alternatif. oleskan madu tepat di bagian mulut yang terkena sariawan. Jika sulit dijangkau, menelan segelas air yang ditambahkan madu juga tidak kalah ampuh.

6. Daun sirih juga menjadi salah satu deret penghapus sariawan. Ambil dua lembar daun sirih yang segar, cuci bersih lalu kunyah hingga lumat. Diamkan pada bagian luka beberapa saat. (*/OL-06)